Kamis, 30 April 2009

RFID dan interferensi dengan frekuensi lain

Berbagai teknologi RFID tersedia di beberapa frekuensi yang berbeda dimana mereka bergerak pada tag yang queried. Kebanyakan sistem beroperasi pada salah satu frekuensi berikut: 125 kHz(LF), 13.56 MHz(HF), 900 MHZ(UHF), atau 2.4 GHz.
Aplikasi nirkabel yang bebas linsensi beroperasi berada pada 900 MHz industry, ilmiah, dan medis (ISM) band termasuk pengawasan control dan data akuisisi (SCADA), industrial automation, bangunan otomatisasi dan kontrol, sensor jaringan nirkabel, dan perangkat konsumen.
Untuk menghindari RFID dari frekuensi lain perlu menggunakan frekuensi microwave dimana dengan menggunakan frekuensi ini path loss akan lebih tinggi dari sistem yang lebih rendah.
Ada juga jalan lain yaitu dengan memilih frekuensi yang tepat sehingga tidak terjadi interferensi yang sangat besar. Karena RFID menggunakan frekuensi yang rendah sehingga kemungkinan terjadi interferensi sangat besar. Hal ini dsebabkan oleh system LF tidak mengalami path loss yang banyak dalam jarak dekat jika dibandingkan dengan system yang bekerja pada pita frekuensi yang tinggi.
Untuk jalan terakhir supaya frekuensi yang digunakan tidak terjadi interferensi yaitu dengan adanya campur tangan pemerintah dalam menentukan setiap frekuensi yang bisa digunakan

Tidak ada komentar: